Pernah Jenuh Ketika Menjalani Kesibukan Organisasi? 4 Tips Ini Akan Membantu Kamu Lebih Mudah Menghadapinya

Hi, Leaders!

Seringkali terdengar pada masa-masa paruh tahun kedua di organisasi, para anggotanya merasakan kejenuhan. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Misalnya, tugas kuliah yang sedang menumpuk, tempo kerja organisasi yang begitu cepat, kegiatan yang itu-itu saja setiap hari, atau sebenarnya diri kita yang terlalu malas untuk menjalani kehidupan dan mengatasnamakan kejenuhan sebagai kambing hitam. Kejenuhan dianggap sebagai hal negatif oleh sebagian orang. Padahal kalau kita mau melihat dari sudut pandang lain, kejenuhan merupakan sebuah tantangan yang wajar dan selalu dapat diatasi siapapun..

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk  mengatasi kejenuhan dan setiap orang punya cara berbeda untuk berdamai dengannya. Berikut ini 3 tips yang bisa kamu pertimbangkan untuk dapat mengatasi kejenuhan dalam berorganisasi.

Ingat Amanah yang telah diberikan

business hand

source: congtythamtutu.net

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika jenuh adalah berpikir ulang dan introspeksi diri. Berpikir apa saja penyebab yang membuat kita jenuh, kemudian juga mengingat-inigat masa-masa yang kita lalui beberapa bulan sebelumnys.  Namun, hal paling utama adalah mengingat amanah yang telah diberikan kepada kita. Di dalam organisasi, kita pasti memiliki suatu peran atau tugas yang telah secara khusus diberikan kepada kita. Tentu hal tersebut tidak semata-mata diberikan tanpa alasan yang jelas, dan bersamaan dengan diberikannya tugas tersebut, secara tidak langsung kita juga diberikan kepercayaan serta diharapkan untuk melakukan sesuatu bagi organisasi kita.

Dengan mengingat kembali amanah dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kita, harapannya kita akan kembali termotivasi untuk melaksanakan tanggung jawab di organisasi tersebut karena tidak ingin mengecewakan teman-teman serta ingin menjaga amanah yang telah diberikan.

Ingat Tujuan Awal

11

source: sarungpreneur.com

Jika ternyata kita masih juga merasa jenuh, hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengingat kembali mengapa awalnya kita ingin bergabung di organisasi tersebut. Mungkin masing-masing orang memiliki tujuan serta alasan yang berbeda-beda ketika memutuskan untuk mendaftar atau bergabung dalam suatu organisasi. Ada yang mungkin bergabung karena ingin berkontribusi, atau ingin meningkatkan kapasitas diri, dan lain sebagainya. Hal inilah yang kemudian sering terlupakan seiring berjalannya rutinitas organisasi. Oleh karena itu, ketika kita merasa jenuh, salah satu hal yang dapat membangkitkan semangat dengan mudah adalah tujuan awal kita masuk ke organisasi tersebut sehingga kita akan kembali berjuang untuk mencapai tujuan itu.

Sampaikan Rasa Jenuh kepada pimpinan atau teman di organisasi

curhat-illustration1
source: expontt.com

Ketika kita merasa jenuh, penyebabnya bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah suasana  organisasi yang kurang menyenangkan, atau beban tugas yang terlampau banyak. Hal ini dapat diatasi dengan mengkomunikasikan hal yang kita rasakan kepada pimpinan kita ataupun rekan-rekan di organisasi tersebut. Dengan berkomunikasi dan saling terbuka, orang-orang di sekeliling kita tidak akan bertanya-tanya tentang keadaan kita, bahkan dapat membantu mencarikan solusi atas permasalahan kita. Akan lebih baik lagi jika dalam komunikasi tersebut kita juga dapat memberikan saran untuk memperbaiki suasana di lingkungan organisasi untuk selanjutnya.

Cari aktivitas lain atau kebiasaan yang tidak biasa

summer-team-building-ideas
source: smartmeetings.com

Jika rasa jenuh tersebut datang dari diri sendiri akibat dari rutinitas yang terlalu monoton, kita bisa mengatasinya dengan mengubah rutinitas tersebut, atau sejenak menjauhkan diri dari rutinitas yang ada. Misalnya, melakukan aktivitas yang tidak biasa kita lakukan serta berbeda dengan rutinitas yang kita laksanakan di dalam organisasi. Dengan adanya hal-hal serta tantangan baru, biasanya diri kita akan lebih merasa tertantang dan motivasi akan kembali hadir.

Selain itu, bisa saja kita meminta izin beberapa waktu kepada rekan di organisasi untuk sejenak menjauhkan diri dari rutinitas organisasi. Bepergian atau jalan-jalan ke tempat-tempat yang bisa menjernihkan pikiran, atau bahkan sekedar bersantai dengan orang-orang yang disayangi bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan diri yang sedang dilanda kejenuhan.

 

 

Author :
Fajar Rahasmoro
Penulis merupakan Koordinator Bidang Kemahasiswaan di Badan Eksekutif Mahasiswa UI 2016. Sebelumnya penulis juga menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UI tahun 2015. Selain aktif di organisasi kemahasiswaan, penulis juga aktif di bidang seni Mural.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s