Pentingnya Menjaga Moral Anggota Tim Kamu! 4 Cara Mudah Dongkrak Moral Tim

Hi Future Leaders!

Ketika beban pekerjaan dalam suatu tim sangat tinggi, mudah sekali bagi anggotanya untuk merasa tertekan dan moody. Meskipun sepertinya ini merupakan tren yang normal dalam suatu tim, ketua tim sebenarnya harus waspada! Alasannya, jika tren ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin moral tim bisa merosot drastis. Jika itu terjadi, kinerja tim bisa menjadi sangat buruk.

Untuk mencegah atau menguranginya, ikutilah 4 cara mudah ini:

1.    A Compliment A Day Keeps The Negativity Away!

1

Ketika semua anggota tim amat sibuk, sering kali anggota maupun ketua tim lupa untuk berhenti sejenak dan menghargai kerja keras sesama. Ucapan sederhana seperti “Good Job!” terkadang sudah cukup untuk mendongkrak moral orang yang mendapat pujian tersebut. Tentunya, pujian yang diutarakan harus tulus dan bermakna. Pujian yang terkesan memaksa akan kehilangan daya sihirnya.

2.    Jadilah Steve Jobs di Tim Kamu: Jadilah Panutan Tim

2

Steve Jobs terkenal sebagai seorang visioner yang tetap tegar meskipun ketika banyak orang meragukan visi dia. Ketegaran Steve Jobs ini amatlah penting bagi pekerja Apple karena ketegaran ini lah yang selalu mendorong semangat para pekerja Apple. Oleh karena itu, sebagai ketua tim, seyogianya kamu selalu berpandangan positif dan tidak menunjukan kekhawatiran yang berlebih. Sebab pandangan positif kamu dapat menular kepada anggota-anggota tim kamu.

3.    Party Time!

3

Selalu cari kesempatan untuk merayakan kesuksesan tim. Perayaan merefleksikan apresiasi kamu sebagai team leader terhadap anggota tim kamu. Ini juga menunjukkan bahwa setiap anggota tim tidak ada yang merasa tidak dihargai. Membuat perayaan pada waktu yang tepat dapat menjadi suntikan moral kilat!

4.    Hargai Cara Kerja Mereka

4

Setiap orang memiliki kebiasaan kerja yang berbeda-beda. Contohnya, beberapa orang lebih suka bekerja sendiri dan cenderung lebih produktif jika orang tersebut diberi waktu sendiri. A good team leader knows each member’s work preference and respect the differences. Kebebasan memilih cara kerja yang sesuai akan membuat anggota tim nyaman, lebih produktif, dan tentunya moral tim pun tetap terjaga.

 

Author:
Anthony Gunawan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s