5 Tips yang perlu kamu miliki apabila ingin menginisiasi organisasimu sendiri.

Hi, Leaders!

Mendirikan organisasi tentu saja bukan hal yang mudah. Namun, metika kamu melihat permasalahan di lingkungan sekitarmu, tetapi tidak menemukan tempat untuk berkontribusi dalam penyelesaiannya, bisa jadi kamu memang ditakdirkan memulai organisasi kamu sendiri. Berikut beberapa tips yang perlu kamu miliki apabila ingin menginisiasi organisasimu sendiri.

1.Visi yang Jelas dan Orisinil
5

Dalam membuat organisasi, visi yang jelas sangat diperlukan. Visi yang jelas berarti visi yang mudah dimengerti dan tidak menimbulkan pemahaman yang berbeda diantara anggota tim. Untuk merumuskan visi ini, kamu dapat memulainya dengan menjelaskan urgensi dari masalah yang ingin organisasi kamu selesaikan. Bila visi kamu ternyata sama dengan orang lain, kamu juga dapat memaparkan masalah kamu dari sudut pandang yang berbeda sehingga visi kamu menjadi orisinil dan berbeda dibanding dengan visi organisasi lainnya.

2. Struktur

6

Why structure is important? Mempunyai struktur akan jauh memudahkan kamu dan organisasi untuk mencapai visi yang telah ditentukan. Struktur tersebut tentunya harus dapat memudahkan kamu dan anggota tim kamu untuk menjalankan visi dan fungsi dari organisasi kamu. Dengan adanya struktur, kamu akan memiliki alur kerja yang jelas di dalam tim. Hal ini akan memudahkan kamu dalam berkoordinasi dengan anggota tim lainnya dan mencegah terjadinya overlapping dengan divisi-divisi lain.

3. Roadmap

7

Selain memiliki visi dan struktur, kamu juga harus memiliki roadmap yang akan membantu kamu untuk mencapai visi kamu. Di dalamnya, roadmap tersebut harus berisikan kebijakan-kebijakan dan kegiatan-kegiatan yang akan kamu jalankan melalui organisasi kamu. Dalam membuat roadmap, kamu harus mendasarkan setiap kegiatan kamu dari visi organisasi kamu. Berangkat dari visi, kamu dapat menuangkan rincian kegiatan organisasi yang akan dijalankan ke dalam roadmap yang bersifat tahunan, semester, bulan dan mingguan.

4. Anggota yang Berkualitas

8

Rekrutlah orang-orang yang berkualitas dalam menjalankan organisasi kamu. Kamu tidak harus mengukur kualitas seseorang hanya dari kemampuan yang dimiliki, tetapi juga karakternya. Kedua hal tersebut sangat mutlak dimiliki seluruh anggota organisasi kamu, apabila kamu ingin mengembangkan organisasi kamu secara serius. Ketika memilih anggota, kamu akan menemukan orang dengan berbagai macam karakter, cara kerja dan teknik mengeksekusi kegiatan. Karena itu, kamu harus berusaha tetap objektif agar tidak terperangkap dalam jebakan perasaan dalam memilih para anggota.

5. Mental Tahan Banting

9

Dalam membangun organisasi, penolakan pasti akan sering datang. Di sini, banyak orang yang akan mempertanyakan visi organisasi kamu secara kritis, kapabilitas kamu dalam memimpin organisasi dan lainnya. Tidak hanya itu, bisa jadi lingkungan di sekitar tidak mendukung kamu.

Namun jangan khawatir, terlepas dari adanya berbagai penolakan yang muncul, pasti akan ada orang-orang yang mendukung kamu. Apabila kamu berhasil melewati proses ini, kamu akan menjadi orang yang berkualitas tinggi dan otentik. Tidak ada sesuatu yang instan dalam memimpin organisasi, karena proses yang berkualitas akan menentukan hasil yang berkualitas.

Itulah 5 tips yang perlu diperhatikan ketika ingin mendirikan organisasi. Terakhir, jangan takut membuat kesalahan. Nobody is perfect. Selamat berjuang dan mendirikan organisasi.

Dalam prosesnya kamu harus kuat dan mampu bertahan karena hal ini akan membuat kamu menjadi orang yang berbeda.

Author :

Kevin Tan, merupakan founder sekaligus presiden dari Indonesia Berbicara. Selain itu saat ini penulis juga bekerja sebagai staff spesialis di DPR RI dan kolumnis di CNN Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s