IFL Goes To School – SDN Inpres Mawang

Memperingati hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, Indonesian Future Leaders (IFL) Chapter Sulsel mengadakan suatu kegiatan sosial bertema “National Education Day for Children”. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Inpres Mawang Kabupaten Gowa. Sekolah tersebut dipilih melihat kondisinya yang cukup memprihatinkan. Bangunan sekolah sudah tua ditambah lagi dengan kondisi lingkungan sekolah yang sering terendam air dan becek. Kondisi ini mengakibatkan sebagian besar siswa di sekolah tersebut memilih tidak masuk sekolah.

Pada kegiatan kali ini, para Staf IFL dan volunteer memberikan edukasi dini tentang perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga kelestarian lingkungan, serta pentingnya menjaga kesehatan gigi mulut. Para siswa diajak untuk mengetahui hal-hal yang perlu mereka lakukan untuk menjaga kebersihan diri sendiri serta lingkungan seperti menjaga kebersihan tangan dan agar tidak membuang sampah sembarangan. Di samping itu, para siswa juga diberikan materi mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak menebang pohon sembarangan. Pada sesi terakhir materi para siswa diajarkan tentang cara sikat gigi yang benar serta pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan mulut mereka.

42b191c886ffaaf4b69cca73c7d1b00d19cab2c

Tidak hanya para Staf dan volunteer yang bersemangat mengadakan kegiatan ini, para guru dan siswa juga tak kalah bersemangat. Hal ini terbukti dari dukungan dari para Guru serta antusias para siswa dalam menerima materi. Selain memberikan materi, pada kegiatan kali ini juga diadakan games yang berkaitan dengan materi yang telah diberikan. Para siswa juga diajak untuk menuliskan harapan mereka terkait dengan pendidikan dan menempelkannya pada pohon harapan. Kegiatan kali ini ditutup dengan foto bersama para guru dan siswa beserta staf dan volunteer.ced5132e3a676ad8f634e1e3e9a06d2b94594aa Diharapkan setelah kegiatan ini pesan edukasi yang disampaikan benar-benar diterapkan pada kehidupan sehari-hari para siswa sehingga mereka semakin bersemangat bersekolah meskipun kondisi sekolah mereka memprihatinkan. Disamping itu, kegiatan ini juga diharapkan memberikan semangat kepada para pemuda lainnya untuk melakukan hal serupa dalam rangka membangun pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s