Roadshow Parlemen Muda 2013

Lantunan lagu Indonesia Raya menjadi pembuka dalam acara Roadshow Parlemen Muda Indonesia. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (20/08) ini merupakan agenda dua tahunan dari Indonesian Future Leaders (IFL). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, roadshow kali ini diadakan diberbagai kota di penjuru Nusantara, salah satunya ialah di Makassar  yang bertempat di Gedung Graha Pena lantai 4. Local partner untuk roadshow wilayah Makassar sendiri dipercayakan kepada Indonesian Future Leaders Chapter Sulawesi Selatan dan dimoderatori oleh delegasi Makassar untuk Parlemen Muda 2012, Iona Hiroshi.
            Peka, Pahami, dan Putuskan merupakan 3 bagian materi yang akan dibawakan oleh 3 pemateri yang berbeda pula. Materi pertama dibawakan oleh Rene Suhardono (@reneCC) yang merupakan career coach, public speaker, dan trainerpenulis. Beliau juga adalah penulis buku ‘Your Job Is Not Your Career’. Sebagai orang yang memiliki personal brandingyang menarik, Rene menyampaikan materinya dengan begitu atraktif. “Make meaning, not money” adalah salah satu motivated words dari pria yang juga merupakan founder dari @ImpactFactoryID ini.
            Selain Rene, salah satu mahasiswa Hukum UI, Benjamin Harahap, juga hadir memberikan materi seputar politik praktis. Pada sesi ini, peserta menjadi lebih paham dengan tugas-tugas dari DPR, DPD, dan sebagainya.


            Materi terakhir dibawakan oleh Gigih Septianto yang menjelaskan tentang IFL. Adapun salah satu program kerja terbaru dari IFL yaitu @ruangguru. Program ini merupakan wadah untuk siapapun yang memiliki ketertarikan untuk mengajar dan membagikan ilmu yang dimilikinya.
            Selain itu, mahasiswa IT Telkom ini juga menjelaskan tentang teknis seputar pendaftaran delegasi Parlemen Muda yang akan dilaksanakan pada 2014 mendatang. Dan sebagai langkah awal, roadshow kali ini dilengkapi dengan simulasi kampanye layaknya calon legislative yang akan mengikuti pemilihan umum.

            Antusiasme peserta maupun ide-ide solutif dari wakil-wakil partai seolah membawa angin segar bagi dunia perpolitikan Indonesia. Diakhir acara, Partai Palu Butung keluar sebagai pemenang kampanye, mengalahkan 3 partai lainnya, yaitu Partai Losari, Partai Pemuda Peduli Indonesia, dan Partai Massediki.

            “Kegiatan ini berlangsung dengan sukses berkat kerja keras panitia, semangat peserta yang sangat besar, dan pemateri yang begitu banyak memberi pencerahan kepada kami semua. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada siapapun yang turut membantu dan memberi support terhadap kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa menebar banyak manfaat bagi Dara dan Daeng Makassar.” Ujar Andi Riska, founderIFL Sulsel diakhir acara. (Andi Ayuni Dara Uleng, Wakil Sekertaris IFL Sulsel)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s